Kamis, 30 Maret 2017

Sejarah Perkembangan Hardware dan Software

Sejarah Perkembangan Hardware dan Software
            Seperti layaknya komputer yang telah banyak perubahan baik bentuk ataupun fungsinya, hardware dan software pun mengalami banyak perubahan dari masa ke masa baik dari bentuk, fungsi, dan perkembangan program yang semakin membuat mudah para penggunanya. Ditambah lagi dengan perkembangan masyarakat yang makin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang telah mendorong orang-orang berbakat untuk berfikir lebih pesat untuk menemukan hal terbaru dan tercanggih dari sebelumnya.
            Sebelum melangkah lebih lanjut, kita harus tau terlebih dahulu apa yang dinamakan hardware atau software. Hardware (perangkat keras) yaitu peralatan atau perangkat yang dapat dilihat, diraba, ataupun disentuh dengan sentuhan tangan. Sedangkan software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik untuk mengontrol system. Cara kerja dua perangkat ini adalah berkesinambungan.
            Perkembangan hardware mampunyai beberapa generasi , yaitu:
1.      Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dibuat dengan sangat sederhana dan belum kompleks juga dalam prosesnya serta pembuatannya masih menggunakan komponen yang besar, prosesnya lambat, cepat panas dll.

2.      Generasi Kedua (1959-1965)
Pembuatan komputer ini merupakan perkembangan dari komputer pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

3.      Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dibandingkan komputer sebelumnya. Dengan memori yang lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal), penggunaan listriknya lebih hemat , serta fisiknya lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruangan.

4.     Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan. Komputer ini juga telah menggunakan LSI dan dikembangkan menjadi VLSI, serta menggunakan chip yang berbentuk segi empat yang membuat rangkaian lebih padu.

Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai sekarang dibagi menjadi beberapa era , yaitu:
1.      Era Pemula (Pioneer)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya sambungan kabel keantar bagian dalam komputer. Diman pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
2.      Era Stabil
Di era stabil, penggunaan komputer sudah banyak digunakan,  tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja akan tetapi juga dikalangan industry atau perusahaan sekalipun.
3.      Era Mikro

Sejalan dengan maraknya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak ini juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak system yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara lansung oleh para penggunanya.
Jazakillah khoiron :) mabruroh

1 komentar:

  1. coin casino no deposit bonus codes
    All new players, welcome bonus code: 100% no deposit bonus code: 100% 인카지노 up to $1000 제왕 카지노 + 50 Free Spins. Free Spins: 바카라 50%

    BalasHapus

Arsitektur Komputer

Makalah Teknologi

Hanya sekedar berbagi ilmu tentang komputer...ini makalah saya waktu masih semester I..... PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI MAKALAH ...