Kamis, 30 Maret 2017

Sejarah Perkembangan Software & Hardware

  SEJARAH PERKEMBANGAN 

 SOFTWARE & HARDWARE

Ketika kita berbicara tentang perkembangan teknologi komputer maka kita tidak bisa lepas dari elemen-elemen di dalamnya, yaitu: hardware, software, dan brainware.  Ketiga dari elemen ini berkembang secara bersama-sama, saling mengikat, karena bila salah satu dari elemen ini berkembang terlalu pesat dibanding elemen-elemen lainnya maka akan terjadi ketimpangan dari teknologi itu sendiri. Disini saya akan menulis tentang perkembangan elemen teknologi system komputer itu, yaitu hardware dan software.

Definisi
Secara umum hardware adalah semua elemen atau komponen fisik dari teknologi, ini berlaku juga pada semua komponen fisik dari system komputer, seperti CPU, Harddrive, Keyboard, dan sebagainya.
Perkembangan Hardware
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputerlah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
  1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
  1. Perangkat keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
  1. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas. Berikut adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :

1. Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.

Contoh komputer generasi pertama :
- MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
- SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
- Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
- NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).

2. Generasi Kedua (1959-1965)

Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).

Contoh komputer generasi kedua :
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
- Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
- GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
- NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).

3. Generasi Ketiga (1965-1970)


Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.

b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
Contoh komputer generasi ketiga :
- GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
- Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
- UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).

4. Generasi Keempat (1970-1995)


Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.

Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Contoh komputer generasi keempat :
- IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- APPLE II (dibuat oleh Apple).
Secara garis besar, hardware pada PC itu dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu CPU, memory utama, piranti input, piranti output, dan media penyimpanan.
CPU
CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz  artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah 2.93 Ghz.



Memory

Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan. Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM. ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
Output  dan Input Devices


Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
Media Penyimpanan

Media ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya bisa dibaca kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang sudah mulai ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh Harddisk 160GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah 160 Gigabyte.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard  sebesar 1GB.

Definisi Software

Ada beberapa pengertian software yang kami dapatkan dari sumber berbeda. Di dalam artikel ini kami akan menyajikan pengertian software menurut dua sumber, yang pertama pengertian software menurut penulis di wikipedia, dan pengertian software menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak.
Menurut id.wikipedia.org, pengertian software adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang tidak memiliki wujud secara fisik, software atau perangkat lunak merupakan istilah umum untuk sebuah data yang diformat dan disimpan dalam bentuk digital, didalamnya termasuk program komputer, dokumentasi, serta berbagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer.
Menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak, pengertian software adalah instruksi langsung kepada komputer untuk melakukan pekerjaan dan dapat ditemukan pada setiap aspek kehidupan modern dari mulai aplikasi kritis yang menyangkut kehidupan, seperti software pemantau medis dan pembangkit energi listrik hingga program untuk hiburan, seperti game dan video.
Pada sebuah software terdapat jutaan baris kode yang dibuat oleh manusia, baris-baris kode yang tersusun tersebut menjadi jembatan penghubung antara manusia dengan komputer untuk melakukan interaksi secara langsung. Software yang baik mempunyai tingkat keandalan yang tinggi dan harus dihasilkan secara ekonomis.
Sejarah Perkembangan Software
Perkembangan perangkat lunak tidak terlepas dari industri perangkat lunak itu sendiri. Industri perangkat lunak mulai berkembang pada tahun 1950. Perkembangan software atau perangkat lunak tidak semulus yang kita bayangkan, industri-industri perangkat lunak saat itu pada awal perkembangannya banyak menemui permasalahan. Perkembangan software atau perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi era, yaitu:
Era Pemula

Sejarah software mencatat bahwasannya pada era pemula ini software merupakan sambungan-sambungan kabel ke antarbagian dalam komputer. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, yaitu berupa program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu. Ciri khas software dari era ini adalah software dibuat menyatu dengan perangkat kerasnya. Proses yang dilakukan software pada komputer yaitu berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.
Era Stabil
Penggunaan komputer semakin populer pada era ini, tidak hanya kaum akademis dan peneliti tetapi sudah digunakan untuk kebutuhan pada sebuah industri. Perusahaan software pun mulai banyak bermunculan, dan pada era ini software telah mengalami kemajuan yaitu telah mampu menjalankan beberapa fungsi. Baris perintah software mampu dikerjakan secara bersamaan oleh komputer, sehingga software pada saat itu telah menjadi sebuah produk. Pada era stabil, software telah mengenal sistem basis data.
Era Mikro
Seiring dengan perkembangan penggunaan komputer berbasis PC dan jaringan komputer di era ini, software juga ikut mengalami perkembangan guna memenuhi kebutuhan perseorangan. Pada era ini software mulai dibagi kepada dua macam, yaitu software yang bekerja sebagai sistem dan software yang dapat digunakan secara langsung oleh pengguna untuk suatu kebutuhan tertentu.


Era Modern
Era moden merupakan era software yang kita alami saat ini, dimana software telah dapat digunakan dalam banyak media perangkat keras. Tidak hanya unit komputer, software pun kini telah banyak digunakan dalam perangkat mobile, TV, AC, Mesin Cuci, hingga Oven. Yang lebih hebatnya lagi semua perangkat tersebut kini mulai memliki kemampuan untuk saling terhubung. Contohnya kita bisa mengontrol mesin cuci menggunakan smartphone, atau mengontrol TV dengan smartphone dan lain sebagainya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software kini meningkat dengan pesat.

Semoga Bermanfaat...^_^Amiin...

0 komentar:

Posting Komentar

Arsitektur Komputer

Makalah Teknologi

Hanya sekedar berbagi ilmu tentang komputer...ini makalah saya waktu masih semester I..... PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI MAKALAH ...